Wednesday, July 9, 2008

BAB MANDI

0168
Dari Abu Jaafar ra, katanya: "Pada suatu ketika ia berada dekat Jabir bin Abdullah dan bapaknya. Dan di dekatnya pula ada orang banyak. Mereka menanyakan Jabir perihal mandi.
Jabir jawab, "Cukup segantang"
Seorang laki-laki berkata: "Bagi saya tidak cukup".
Jabir jawab, "Segantang itu sudah cukup (bahkan) bagi orang yang lebih tebal dan lebih bagus rambutnya dari rambut anda."
Kemudian Jabir mengimami kami solat pada sehelai kain.

0167
Abu Salamah r.a menceritakan: "Saya dan seorang saudara laki-laki Aisyah masuk ke dalam rumah Aisyah. Saudara Aisyah itu menanyakan jepadanya tentang cara Nabi mandi. Maka Aisyah minta ambilkan sebuah bejana berisai air kira-kira segantang. Lalu Aisya mandi dan menuangkan air di atas kepalanya. Antara kami dan Aisyah ada hijab (tabir)."

0166
Aisyah r.a mengatakan: "Saya mandi bersama Rasulullah saw dari satu bejana yang disebut 'alfaraq'.

0165
Maimunah r.a isteri Nabi saw mengatakan: "Rasulullah saw berwuduk seperti beliau wuduk untuk sembahyang, tanpa mencuci kedua kakinya. Lalu dicucinya kemaluannya dan dibahagian-bahagian yang kotor. Sesudah itu dituangkkannya air kebadannya, lalu dipindahkannya kedua kakinya dan dicucinya. Begitulah Nabi mandi junub."

0164.
Aisyah r.a, isteri Nabi saw menceritakan: "Apabila Nabi saw mandi junub, beliau mulai dengan mencuci kedua belah tangannya. Sesudah itu beliau berwuduk seperti wuduk untuk solat. Kemudian dimasukkannya anak jarinya ke dalam air dan digosok-gosoknya pangkal rambut kepalanya. Kemudian disiramkannya air tiga sauk dengan kedua belah tangannya ke kepalanya dan sesudah itu disiramnya seluruh tubuhnya"
res

No comments: